Belajar… dan mengajar adalah sebuah motto hidup yang akan terus ku bawa kemana pun kaki ini melangkah.

Berkesempatan untuk menjadi dosen tamu di Institut Teknologi Bandung, di kelas Magister Science in Management 2015.

Kali ini saya menyampaikan materi mengenai “Creative Problem Solving in Digital Era for Any-Entrepreneurship

Materi ini sebenarnya sangat ringan… dan sangat bisa di terima oleh siapa pun audience nya. khususnya bagi mereka yang sudah memiliki bisnis kecil yang ingin di kembangkan lebih jauh lagi.

Dalam bahasannya kita mendiskusikan bagaimana idealnya setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan cara yang creative dan melibatkan kontribusi berbagai aspek. Sehingga setiap keputuan yang kita rencanakan untuk menyelesaikan permasalahan dapat memberikan kontribusi solusi yang baik dan dapat diandalkan.

Mahasiswa yang sangat interaktif di kelas memberikan contoh permasalahan yang terjadi di kota Bandung. Semisal adalah masalah kemacetan di kota Bandung. Sehingga muncul berbagai polemik yang pada hulu nya adalah masalah transportasi umum di kota Bandung. Skema permasalahan yang dimunculkan adalah :

  1. Kebutuhan transportasi umum di kota Bandung harus bertarif murah dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat
  2. Tingkat kecelakaan yang terus meningkat bagi pengguna kendaraan bermotor khususnya roda dua, yang menelan korban di usia di bawah umur, juga menjadi pertimbangan. Bagaimana pemerintah kota dan organda melihat hal ini
  3. Travel agent yang bergerak di bidang pariwisata dan berdampak pada kewirausahaan yang linier dengan tourism juga mengalami dampak dari permasalahan transportasi publik di kota Bandung. Banyaknya jadwal kunjungan wisata yang menjadi batal disebabkan oleh kemacetan yang tidak dapat terkendali.
  4. Para pelaku usaha kecil menengah yang ada di kota Bandung harus turut memikirkan antisipasi permasalahan transportasi publik ini sebagai kondisi keadaan yang harus di antisipasi tanpa mengurangi kualitas pelayanan kepada publik/konsumen nya
  5. Dan banyak hal lainnya yang bisa menjadi kunci penyelesaian masalah dengan cara yang creative

Creativity kita dalam melihat problem membutuhkan solusi atau jalan keluar yang uni dan tersolusikan. Metode yang diperkenalkan adalah :

Identifying problem — Define the source of problem — Exploring alternatives to solve the problem – Action — Look back again to evaluate the action to find another good opportunities to solve the problem.

Dengan menerapkan pola tersebut maka semangat untuk mendapatkan perbaikan dan penyelesaian permasalahan menjadi tersolusikan.

 

Semoga bermanfaat. !!! and I always bring my spirit for better Indonesia.